Meng「Download」enal Fenomena Ekuinoks dan Manfaatnya... Halaman 2

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Sorong(Indonesia)Casino

DownloadmDownloadanfaat lainnyaDownload, ketika ekuinokDownloads masyarakat dapat mengetahui lintang geografis dengan mengukur bayangan matahari, kemudian mencari sudutnya dengan rumus.

"Selebihnya di luar negeri seperti Quito (Ekuador) dan Nairobi (Kenya)," imbuh Andi.

Baca juga: Banyak Burung Pipit Mati di Bali dan Cirebon, Apa yang Terjadi?

Andi menjelaskan, manfaat lainnya dengan adanya ekuinoks, masyarakat bisa mengetahui dirinya ada di garis khatulistiwa atau tidak.

Lanjutnya, hal itu karena matahari tepat di atas kepala, atau di titik zenit ketika ekuinoks untuk pengamatan di garis khatulistiwa.

"Kalau di suatu lokasi ketika ekuinoks tidak ada bayangan saat tengah hari,

maka bisa dipastikan lokasi tersebut dilalui garis khatulistiwa," kata Andi.

Baca juga: Fenomena Astronomi September 2021, Malam Ini Puncak Hujan Meteor Perseid

Fenomena equinox terjadi dua kali dalam setahun yakni sekitar 21 Maret dan 23 September 2021.

Kendati demikian, kota-kota di Indonesia jarang dilalui garis khatulistiwa. Di Indonesia hanya ada dua, yakni Bonjol dan Pontianak.

"Karena ketika ekuinoks, lintasan semu harian matahari berimpit dengan garis katulistiwa. Misalkan 6 derajat LS, maka bayangan matahari akan condong 6 derajat ke selatan ketika ekuinoks, karena katulistiwa terletak 6 derajat di sebelah utara lintang 6 derajat LS," imbuhnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Baca juga: Jadwal Hari Tanpa Bayangan 2021 di 34 Ibu Kota Provinsi di Indonesia

Berikut ini rumus untuk menghitungnya:

"Tidak perlu khawatir, karena hanya akan membuat intensitas Matahari lebih besar ketika tengah hari karena matahari tepat di atas kepala bagi wilayah di garis khatulistiwa,” katanya lagi.

Menurutnya, tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan terkait fenomena ekuionks. Pasalnya fenomena tersebut hanya akan membuat suhu agak lebih panas, terutama jika wilayah tersebut tidak tertutupi awan saat tengah hari.

Wilayah yang mengalami ekuinoks adalah wilayah yang dilalui garis khatulistiwa seperti kota Bonjol (Sumatera Barat) dan Pontianak (Kalimantan Barat).

Dengan begitu, masyarakat bisa mengetahui di lintang berapa dirinya berada.